SehatQ
SehatQ Cart
SehatQ Profile
Urotractin kapsul adalah obat untuk mengobati infeksi pada saluran kemih

Urotractin Kapsul 400 mg (1 Strip @ 10 Kapsul)


Harga Produk
Mulai dari
Rp 4.774

Jumlah Produk
1

Tersedia 92 Penjual

Apotek Garuda
Rp 41.000
Apotek Garuda
Kota Jakarta Barat3.25 km
Apotek Plaza Medika Grogol
Rp 43.100
Apotek Plaza Medika Grogol
Kota Jakarta Barat3.59 km
Apotek Sehat Krendang
Rp 40.000
Apotek Sehat Krendang
Kota Jakarta Barat3.71 km
Apotek Rave Pharma
Rp 42.700
Apotek Rave Pharma
Kota Jakarta Pusat3.8 km
logo-prescription
Obat ResepPembelian, dosis, dan penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter. Kami segera menghubungi Anda untuk membantu proses transaksi.

Deskripsi

Urotractin kapsul adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih, baik akut maupun kronis. Obat ini merupakan obat keras yang harus menggunakan resep dokter. Urotractin mengandung zat aktif asam pipemidat. Obat ini termasuk dalam golongan antibiotik fluoroquinolone atau quinolone, yaitu antibiotik berspektrum luas yang efektif melawan bakteri Gram positif atau Gram negatif. Contoh antibiotik yang juga termasuk dalam golongan quinolone adalah piromidic acid, nalidixic acid, dan oxolinic. Asam pipemidat memiliki kinerja lebih kuat dibandingkan piromidic acid atau nalidixic acid.

Beli obat online di Toko SehatQ - Pasti asli!

Nikmati promo GRATIS Ongkir ke seluruh Indonesia. Temukan kode promonya di https://toko.sehatq.com/voucher

Urotractin Kapsul 400 mg (1 Strip @ 10 Kapsul)
Golongan Obat
Obat Keras
Informasi Tambahan
obat resep
Kandungan Utama
Asam pipemidat
Kelas Terapi
Antiinfeksi.
Klasifikasi
Antibiotik kuinolon.
Kemasan
1 strip @ 10 kapsul (400 mg)
Produsen
Eurodrug Laboratories

Indikasi (manfaat)

Untuk mengobati infeksi saluran kemih, baik akut maupun kronis yang disebabkan oleh bakteri Gram negatif, maupun Gram positif yang sensitif. Asam pipemidat bekerja dengan cara membunuh bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi tersebut melalui penghambatan enzim pada bakteri penyebab infeksi. Penghambatan enzim dapat mencegah kerusakan DNA saat replikasi atau penggandaan (enzim topoisomerase) (DNA gyrase) akan mendorong kerusakan DNA bakteri sehingga pertumbuhan bakteri akan terhenti.

Komposisi

Asam pipemidat 400 mg.

Dosis

Dewasa dan anak anak berusia 14 tahun ke atas: 1 kapsul sebanyak 2 kali/hari dengan selang waktu 12 jam. Pengobatan dilakukan selama lebih dari 10 hari untuk mencegah kemungkinan terjadinya kekambuhan.

Aturan pakai

Dikonsumsi sesudah makan.

Perlu Resep

Ya

Efek Samping

Penurunan nafsu makan. Makanlah ketika merasa lapar dalam porsi kecil dan lebih sering dari biasanya. Pilihlah makanan ringan bergizi dengan kandungan tinggi kalori dan protein, seperti buah kering dan kacang-kacangan. Sakit perut. Istirahatkan tubuh Anda agar lebih rileks. Makan dan minum secara perlahan dalam porsi lebih sedikit, tetapi lebih sering dapat membantu mengurangi efek samping ini. Anda juga bisa mengompres perut dengan bantalan panas atau botol berisi air panas. Jika sangat kesakitan, bicarakan dengan dokter atau apoteker. Muntah. Minumlah banyak cairan, seperti air untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan atau dehidrasi. Minumlah sedikit demi sedikit. Jangan minum obat lain untuk mengobati muntah tanpa berbicara dengan dokter atau apoteker. Diare. Konsumsi banyak cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi ditandai dengan gejala buang air kecil yang lebih sedikit dari biasanya dan urine berbau tajam. Minumlah air sedikit demi sedikit saat sedang merasa sakit. Jangan minum obat lain untuk mengatasi diare atau muntah tanpa konsultasi ke dokter. Sakit kepala. Pastikan untuk istirahat dan minum banyak cairan. Jika hal tersebut mengganggu, mintalah apoteker untuk merekomendasikan obat penghilang rasa sakit. Bicaralah dengan dokter jika sakit kepala berlangsung lebih dari seminggu atau bertambah parah. Pusing. Jika merasa pusing saat berdiri, cobalah bangun perlahan atau tetap duduk sampai merasa lebih baik. Berbaringlah agar tidak pingsan, lalu duduklah sampai merasa lebih baik. Kesulitan buang air besar (sembelit). Reaksi alergi. Mual. Meningkatkan kreatinin dan urea nitrogen dalam darah (BUN), sehingga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal dan saluran kemih. Gangguan atau kerusakan pada hati, yang ditandai dengan terjadinya peningkatan kadar serum yang ditemukan pada hati (liver), otot, ginjal, jantung, hingga otak (SGOT) dan enzim yang paling banyak terdapat di dalam hati dan beberapa organ lainnya tetapi dalam jumlah yang sedikit (SGPT). Kelelahan. Peningkatan rasa haus.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu dibawah 30° C. Hindari paparan sinar matahari langsung. Jangan disimpan dilemari es.

Perhatian Khusus

Pasien dengan kondisi sensitif terhadap paparan sinar matahari. Anak-anak berusia 12 tahun ke bawah. Wanita hamil dan ibu menyusui.

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

Pasien yang memiliki alergi terhadap komponen obat ini. Bayi baru lahir. Pasien penderita gagal ginjal atau hati yang berat.

Interaksi (jangan digunakan bersamaan dengan)

  • Obat untuk mengatasi penyempitan pada saluran pernapasan, seperti theophylline.
  • Asam pipemidat dapat menghambat metabolisme dari theophylline, sehingga kadar theophylline dalam darah menjadi tinggi dan menyebabkan terjadinya efek samping.
  • Antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri, seperti nalidixic acid dan oxolinic acid.
  • Penggunaan bersama obat di atas dapat menyebabkan bakteri menjadi resisten atau kebal terhadap beberapa jenis antibiotik (resistensi silang).

Apa yang harus dilakukan jika ada dosis terlewat?

  • Masih dekat dengan jadwal sebelumnya.
    Jika masih dekat dengan jadwal minum atau penggunaan obat sebelumnya, segera konsumsi atau gunakan obat sesuai dosis yang terlewat.
  • Sudah mendekati jadwal berikutnya.
    Jika sudah mendekati jadwal selanjutnya, dosis yang terlewat dapat diabaikan dan lanjutkan mengonsumsi atau menggunakan obat sesuai jadwal berikutnya.
  • Jangan menggandakan dosis yang terlewat.
    Jangan mengonsumsi atau menggunakan total dosis yang terlewat dan dosis berikutnya, kecuali atas anjuran dokter Anda.
  • Sering lupa mengonsumsi atau menggunakan obat.
    Jika sering lupa menggunakan atau mengonsumsi obat, cobalah menggunakan pengingat (alarm) sesuai jadwal penggunaan atau minum obat atau mintalah bantuan orang lain mengingatkan jadwal minum obat Anda. Selain itu, alternatif lainnya yaitu menggunakan kotak obat harian sesuai kebutuhan Anda.

Kapan perlu menghentikan penggunaan dan menghubungi dokter?

Hentikan penggunaan siprofloksasin dan hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami: sakit kepala, lapar, mudah tersinggung, mati rasa, kesemutan, rasa sakit yang membakar, kebingungan, kecemasan, masalah dengan memori atau konsentrasi, pikiran untuk bunuh diri, atau sakit mendadak atau gangguan gerakan pada sendi Anda.

Sesuai kemasan per Februari 2020

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/urotractin
Diakses pada 12 November 2020

Drugbank. https://go.drugbank.com/drugs/DB13823
Diakses pada 12 November 2020

Pubchem. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Pipemidic-acid
Diakses pada 12 November 2020

Drugs.ncats. https://drugs.ncats.io/substance/LT12J5HVR8
Diakses pada 12 November 2020

SehatQ
Belum Ada UlasanJadilah yang pertama untuk mengulas produk ini.
Nama Produk

Urotractin Kapsul 400 mg (1 Strip @ 10 Kapsul)

Total

Rp 41.000