SehatQ
SehatQ Profile
paket screening covid-19 untuk mengetahui resiko infeksi virus corona

Rapid Test COVID-19 Serologi - Eka Hospital


Harga Produk
Rp 350.000
Rp 99.000
Potensi Hemat 71%

Kamu bisa dengan mudah menukarkan penawaran dari ponselmuLihat Cara Menukarkan Voucher

Pilih Faskes

Eka Hospital Bekasi
Rp 350.000
71%
Rp 99.000
Eka Hospital Bekasi
Bekasi16.28 km
Eka Hospital BSD
Rp 350.000
71%
Rp 99.000
Eka Hospital BSD
Tangerang Selatan22.13 km
Eka Hospital Cibubur
Rp 350.000
71%
Rp 99.000
Eka Hospital Cibubur
Bogor27.23 km
Eka Hospital Pekanbaru
Rp 350.000
71%
Rp 99.000
Eka Hospital Pekanbaru
Pekanbaru953.05 km

Deskripsi

Rapid Test COVID-19 dengan harga spesial dari Eka Hospital, khusus pengguna SehatQ

Lakukan pemeriksaan rapid test COVID-19 di Eka Hospital dengan harga spesial yaitu Rp99.000 khusus pengguna SehatQ.

Informasi Pemeriksaan

  • Paket layanan pemeriksaan yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi (non-refundable)
  • Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan ke petugas Faskes terkait saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher berlaku 1 (satu) minggu sejak tanggal pembelian
  • Silahkan  melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapatkan slot pemeriksaan di Rumah Sakit atau Klinik terkait
  • Waktu pemeriksaan di Eka Hospital BSD, Bekasi, Cibubur setiap hari Senin - Minggu pukul 08:00 - 17:00 WIB dan Eka Hospital Pekanbaru setiap hari Senin - Minggu pukul 08:00 - 21:00 WIB
  • Layanan pemeriksaan dilakukan dengan cara drive-thru
  • Hasil pemeriksaan akan keluar dalam waktu 2-3 jam setelah pengambilan sampel dan akan dikirimkan melalui email
  • Tidak ada batasan usia tertentu
  • Menggunakan teknologi terbaru Roche Elecsys dari Swiss
  • Sangat spesifik dan sensitif (mencegah terjadinya hasil pemeriksaan negatif palsu) dengan mendeteksi antibodi pada pasien yang telah terpapar virus penyebab COVID-19, serta memiliki tingkat akurasi yang tinggi
  • Tersertifikasi oleh lembaga internasional (FDA, NHS dan CE)

Mengapa Perlu Melakukan Rapid Test Covid-19 Serologi?

Rapid tes serologi adalah salah satu metode pemeriksaan COVID-19 durasi cepat untuk mendeteksi infeksi COVID-19 dalam tubuh seseorang. Rapid tes serologi ini adalah pemeriksaan awal atau skrining dalam pemeriksaan COVID-19. Jadi jika seorang pasien mendapatkan hasil reaktif (positif) dalam pemeriksaan ini, maka pasien akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan swab PCR guna mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Rapid test covid-19 antibodi serologi adalah pemeriksaan yang menggunakan darah sebagai sampel. Sampel darah ini digunakan untuk melihat adanya respon dari sistem imunitas seseorang terhadap virus penyebab COVID-19. Jika seseorang telah terinfeksi COVID-19, tubuhnya akan membentuk antibodi spesifik yang digunakan untuk melawan infeksi COVID-19. Antibodi inilah yang dideteksi oleh pemeriksaan rapid tes serologi.

Rapid tes serologi ini sangat mirip dengan pemeriksaan rapid test antibodi COVID-19. Kedua pemeriksaan ini sama-sama menggunakan darah sebagai sampel dan memiliki durasi pemeriksaan yang sangat cepat hingga hasil pemeriksaannya keluar. Hanya saja pada rapid tes serologi pemeriksaannya menggunakan alat laboratorium khusus dan bukan yang dijual bebas di pasaran atau bisa dilakukan secara mandiri. Sehingga pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan rapid test antibody.

Selain itu rapid serology test COVID-19 juga memiliki sensitivitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemeriksaan lain. Menurut CDC, tes ini memiliki spesifitas yang tinggi dan sensitivitas sebesar 96%. Oleh karena itu tes ini bisa diminimalisir reaktivitas silangnya terhadap antibodi yang dihasilkan oleh virus lain.

Informasi Penting

Meski memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi, pemeriksaan rapid serology test ini tidak bisa dijadikan sebagai dasar penegakkan diagnosis untuk infeksi COVID-19. Pemeriksaan ini hanya digunakan sebagai skrining awal dan jika pasien mendapatkan hasil reaktif pada pemeriksaan ini, maka pasien akan direkomendasikan untuk melakukan tes swab PCR untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi akurasinya.

Namun jika pasien mendapatkan hasil non reaktif (negatif) pada pemeriksaan ini, maka pasien akan tidak terindikasi memiliki infeksi COVID-19 dan akan disarankan untuk melakuakn pemeriksaan ulang 7-10 hari setelahnya. Hal ini karena adanya kemungkinan antibodi yang belum terbentuk saat pasien melakukan rapid tes serologi ini.

Cara kerja pemeriksan ini adalah dengan mendeteksi IgG dan IgM dalam tubuh pasien. IgG adalah Immunuglobulin G dan IgM adalah Immunoglobulin M, yaitu antibodi yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh manusia. Pemeriksaan ini akan memperlihatkan keberadaan dua jenis antibodi tersebut dalam tubuh pasien. Jika di dalam tubuh pasien terdapat peningkatakn jumlah kedua jenis antibodi tersebut, maka pasien terindikasi terinfeksi COVID-19.

Apa yang harus dilakukan setelah kontak dengan Pasien COVID-19?

Jika Anda pernah melakukan kontak dengan orang yang sudah terkonfirmasi positif COVID-19, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Sebaiknya, Anda melakukan isolasi mandiri selama 14 hari guna mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran infeksi COVID-19.

Anda juga bisa mengunjungi situs resmi pemerintah daerah setempat guna mendapatkan informasi atau opsi tempat isolasi mandiri yang tersedia. Selama isolasi mandiri dilakukan, Anda harus memperhatikan gejala dengan benar guna memastikan kondisi kesehatan Anda. Jangan lakukan kontak dengan orang lain selama isolasi mandiri hingga isolasi mandiri benar-benar telah selesai dilakukan.

Yang Harus Diperhatikan

Dalam pemeriksaan tes serolgi ini, terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pemeriksaan ini. Selama pemeriksaan tes serologi, Anda harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. Adapun protokol kesehatan yang dimaksud ini, antara lain:

  • Menggunakan masker
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol
  • Menjaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain
  • Menghindari kerumunan
  • Menurunkan mobilitas

Bagaimana Prosedur Dilakukan?

Paket Drive Thru Rapid Test COVID-19 Antibodi Serologi di Eka Hospital BSD, Pekanbaru, Cibubur dan Bekasi ini dilakukan dengan sistem drive-thru. Pemeriksaan ini juga dilakukan oleh petugas kesehatan profesional yang menggunakan APD (Alat Pelindung Diri).

Rapid tes serologi ini dilakukan dengan pengambilan darah pada pasien melalui pembuluh darah vena. Darah yang diambil kemudian akan dimasukkan ke dalam tabung khusus yang nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut.

Rapid Test Covid-19 dengan harga spesial dari Eka Hospital, khusus pengguna SehatQ

Lakukan pemeriksaan rapid test COVID-19 di Eka Hospital dengan harga spesial yaitu Rp99.000 khusus pengguna SehatQ.

Informasi Pemeriksaan

  • Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi (non-refundable)
  • Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan ke petugas Faskes terkait saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher berlaku 1 (satu) minggu sejak tanggal pembelian
  • Silahkan  melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapatkan slot pemeriksaan di Rumah Sakit atau Klinik terkait
  • Waktu pemeriksaan di Eka Hospital BSD, Bekasi, Cibubur setiap hari Senin - Minggu pukul 08:00 - 17:00 WIB dan Eka Hospital Pekanbaru setiap hari Senin - Minggu pukul 08:00 - 21:00 WIB
  • Pemeriksaan dilakukan dengan cara drive-thru
  • Hasil pemeriksaan akan keluar dalam 2-3 jam setelah pengambilan sampel dan akan dikirimkan melalui email
  • Tidak ada batasan usia tertentu
  • Menggunakan teknologi terbaru Roche Elecsys dari Swiss
  • Sangat spesifik dan sensitif (mencegah terjadinya hasil pemeriksaan negatif palsu) dengan mendeteksi antibodi pada pasien yang telah terpapar infeksi COVID-19, serta memiliki tingkat akurasi yang tinggi
  • Tersertifikasi oleh lembaga internasional (FDA, NHS dan CE)

Mengapa Perlu Melakukan Rapid Test Covid-19?

Rapid test adalah salah satu metode pemeriksaan cepat untuk melihat infeksi di dalam tubuh. Rapid test COVID-19 digunakan sebagai skrining atau penyaringan sebagai deteksi awal keberadaan infeksi COVID-19 di dalam tubuh.

Rapid test covid-19 antibodi serologi adalah tes covid-19 yang menggunakan sampel darah untuk melihat adanya respon dari sistem imunitas seseorang. Memang agak mirip dengan rapid test covid-19, namun untuk pengambilan dan pemeriksaan sampel pada tes ini alat-alatnya menggunakan alat di laboratorium, bukan alat yang telah dijual bebas dan bisa dilakukan secara mandiri. Oleh karena itu tes serologi membutuhkan waktu pemeriksaan yang lebih lama dibandingkan dengan rapid test biasa. Meski begitu, tes serologi ini hanya digunakan sebagai skrining awal dan bukan untuk penegakkan diagnosis.

Akurasinya pun telah diakui banyak lembaga kesehatan dunia. Menurut CDC, tes serologi memiliki spesifisitas yang tinggi dan sensitivitas sebesar 96%. Oleh karena itu tes ini bisa meminimalisir reaktivitas silang terhadap antibodi yang dihasilkan dari infeksi virus lain.

Informasi Penting

Meski akurasinya cukup tinggi, rapid serologi test COVID-19 tidak bisa dijadikan sebagai dasar penegakkan diagnosis. Pemeriksaan ini hanya bisa dijadikan sebagai skrining awal. Jadi jika seseorang mendapatkan hasil reaktif pada pemeriksaan tes ini, orang tersebut tetap harus melakukan swab PCR test COVID-19 untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat.

Dalam kasus rapid serologi test COVID-19 dengan hasil non reaktif (negatif), disarankan untuk melakukan rapid test ulang 7-10 hari kemudian, karena ada kemungkinan antibodi belum terbentuk pada saat melakukan rapid test yang pertama. Hasil rapid test perlu dikonsultasikan kembali ke dokter guna diagnosa dan penentuan perawatan lebih lanjut.

Apabila ditemukan hasil rapid serologi test COVID-19 dengan hasil reaktif (positif), maka sebaiknya melakukan PCR Swab Test untuk mendapatkan diagnosa pasti yang bisa dikoordinasikan kembali oleh tim SehatQ.

Apa Yang harus Dilakukan Setelah Kontak dengan Pasien COVID-19?

Jika Anda melakukan kontak dengan pasien COVID-19, cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang lain adalah dengan melakukan karantina. Anda dapat melakukan karantina dengan tinggal di rumah selama 14 hari. Karantina ini perlu Anda lakukan jika Anda telah melakukan kontak dan terpapar dengan orang yang telah terkonfirmasi positif COVID-19.

Anda juga bisa mengunjungi situs resmi pemerintahan setempat untuk mencari informasi dan opsi isolasi mandiri. Waspadai gejalanya dan jika memungkinkan jangan melakukan kontak terutama dengan orang yang masuk ke dalam kelompok orang berisiko tinggi untuk mengalami keparahan jika terinfeksi COVID-19 seperti wanita hamil, anak-anak, orang dengan usia lanjut dan orang dengan penyakit penyerta (komorbid).

Yang Harus Diperhatikan

Pastikan Anda dalam keadaan sehat pada saat pemeriksaan dan tetap patuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Terdapat beberapa protokol kesehatan yang perlu Anda patuhi saat melakukan rapid serologi test COVID-19, antara lain :

  • Gunakan masker
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol secara berkala
  • Menjaga jarak aman paling tidak 1 (satu) meter dengan orang lain yang tidak diketahui kondisi kesehatannya secara pasti
  • Menghindari kerumuman
  • Jika Anda bersin atau batuk tutuplah dengan lengan bagian dalam atau menggunakan tisu. Jangan lupa untuk membuang tisu kotor tersebut ke tempat sampah tertutup

Bagaimana Prosedur Dilakukan?

Paket screening COVID-19 ini dilakukan dengan sistem drive-thru yang mana pasien akan melakukan pemeriksaan menggunakan kendaraan. Petugas kesehatan dengan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap akan mengambil sampel sehingga pasien tidak perlu keluar dari kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi penyebaran COVID-19.

Rapid test dilakukan dengan menggunakan sampel darah yang akan diambil melalui pembuluh vena oleh petugas medis. Setelah itu, sampel yang telah diambil akan dilakukan pemeriksaan oleh analis. Jika hasil sudah keluar maka hasil pemeriksaan akan keluar disertai dengan persetujuan terakhir dari dokter penanggung jawab.

Cara kerja rapid seroliogi test COVID-19 adalah untuk mencari IgG dan IgM dalam tubuh. IgG merupakan singkatan dari Immunoglobulin G dan IgM adalah singkatan dari Immunoglobulin M. Keduanya adalah bentuk dari antibodi yang dikeluarkan oleh sistem kekebalan tubuh saat seseorang mengalami infeksi virus. Hasil rapid test ini akan memperlihatkan adanya IgG atau IgM yang terbentuk di dalam tubuh seseorang. Jadi, jika di tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan meningkat.

Profil Faskes

Visi Eka Hospital yaitu Menjadi Jaringan Penyedia Layanan Kesehatan Terdepan di Asia Pasifik.

Misi Eka Hospital yaitu :

  • Mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien
  • Menerapkan standar layanan medis yang terbaik
  • Menyediakan layanan kesehatan terpadu
  • Melayani dengan tulus dan sepenuh hati
  • Aktif mempromosikan hidup sehat

Syarat & Ketentuan

  1. Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  2. Voucher berlaku 1 (satu) minggu setelah pembelian, berlaku mulai tanggal 20 Desember 2020
  3. Silahkan  melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapatkan slot pemeriksaan di Faskes terkait
  4. Jadwal pendaftaran/booking ke Customer Care SehatQ adalah maksimal di pukul 16:00 WIB untuk H+1, diatas itu maka akan dibantu proses booking di hari lainnya
  5. Jadwal pendaftaran/booking akan disesuaikan dengan ketersediaan kuota di pihak Faskes
  6. Eka Hospital memiliki kuota harian sebanyak 50 pemeriksaan dan dapat berubah sewaktu-waktu
  7. Jika pasien tidak dapat hadir pada tanggal yang telah di daftarkan, silahkan hubungi langsung Faskes terkait
  8. Tunjukkan voucher yang akan ditukarkan dan identitas diri pasien (KTP/SIM/Kartu Keluarga) kepada petugas pendaftaran Faskes terkait pada saat pemeriksaan
  9. Faskes berhak menolak layanan jika pasien tidak dapat menunjukkan voucher dan identitas diri
  10. Harga dapat berubah sewaktu-waktu
  11. Harga sudah termasuk biaya administrasi dan Surat Hasil Pemeriksaan
  12. Tindakan hanya dapat dilakukan kepada Anda yang tidak mengalami demam (suhu 37.5 atau lebih), batuk, sesak napas, dan pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 (jika Anda mengalami gejala tersebut, disarankan langsung merujuk ke Faskes rujukan COVID-19)
  13. SehatQ dan Faskes terkait tidak bertanggung jawab atas penolakan oleh pejabat berwenang terhadap kesalahan informasi/data yang diberikan pasien, dokumen yang tidak lengkap dan kadaluwarsa
  14. Dengan membeli paket pelayanan kesehatan ini, Anda menyetujui bahwa seluruh data kesehatan Anda, termasuk namun tidak terbatas pada hasil dari pelayanan kesehatan yang Anda terima dari fasilitas kesehatan terkait akan diunggah pada akun SehatQ dan dapat diakses oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk membantu program pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan wabah COVID-19
  15. Sehubungan permintaan yang tinggi untuk Tes Covid-19, terutama Rapid Swab Test Antigen, mohon kesediannya untuk menunggu respon dari tim SehatQ yang akan membutuhkan waktu lebih lama dan berpotensi mengalami antrian panjang di lokasi
Nama Promo

Rapid Test COVID-19 Serologi - Eka Hospital

Rp 350.000Hemat 71%

Rp 99.000