SehatQ
SehatQ Profile
PCR Swab Test COVID-19 untuk diagnosa pasti virus SARS-CoV-2

Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) - Eka Hospital


Harga Produk
Rp 495.000
Potensi Hemat 82%

Kamu bisa dengan mudah menukarkan penawaran dari ponselmuLihat Cara Menukarkan Voucher

Pilih Faskes

Eka Hospital Bekasi
Rp 2.800.000
82%
Rp 495.000
Eka Hospital Bekasi
Bekasi16.28 km
Eka Hospital BSD
Rp 2.800.000
82%
Rp 495.000
Eka Hospital BSD
Tangerang Selatan22.13 km
Eka Hospital Cibubur
Rp 2.800.000
82%
Rp 495.000
Eka Hospital Cibubur
Bogor27.23 km
Eka Hospital Pekanbaru
Rp 2.800.000
81%
Rp 525.000
Eka Hospital Pekanbaru
Pekanbaru953.05 km

Deskripsi

Swab PCR Test Covid-19 (Hasil 1 hari) dengan harga spesial di Eka Hospital, khusus pengguna SehatQ

Lakukan layanan pemeriksaan Swab PCR Test COVID-19 di Eka Hospital BSD, Bekasi, Cibubur dengan harga tes pcr spesial yaitu Rp 495,000, Cabang Pekanbaru Rp 525,000 khusus untuk pengguna SehatQ.


Informasi Pemeriksaan

  • Paket layanan pemeriksaan yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  • Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan voucher untuk ditukarkan pada petugas fasilitas kesehatan terkait saat akan melakukan pemeriksaan
  • Voucher berlaku 1 (satu) minggu dari tanggal pembelian
  • Silahkan lakukan booking terlebih dulu untuk mendapat slot pemeriksaan di Rumah Sakit atau Klinik terkait
  • Waktu pemeriksaan di Eka Hospital BSD, Bekasi, Cibubur setiap hari Senin - Minggu pukul 08:00 - 17:00 WIB dan Eka Hospital Pekanbaru setiap hari Senin - Minggu pukul 08:00 - 21:00 WIB
  • Pemeriksaan akan dilakukan dengan cara drive-thru
  • Hasil pemeriksaan akan keluar dalam waktu H+1 hari setelah pengambilan sampel dan akan dikirimkan melalui email
  • Tidak ada batasan usia tertentu

Mengapa Perlu Melakukan Swab PCR Test COVID-19?

Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengumumkan pada Maret 2020 menyatakan bahwa virus corona sebagai wabah pandemi seluruh dunia. Virus ini menyerang siapapun tidak memandang usia. Namun kelompol orang yang berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi jika terinfeksi COVID-19 adalah orang dengan usia lanjur atau orang yang memiliki penyakit bawaan.

Sampai saat ini swab PCR test masih menjadi metode pemeriksaan yang paling akurat dalam mendeteksi virus SARS-COV2 pada tubuh seseorang. Metode pemeriksaan ini masih menjadi standar penegakkan seseorang terdiagnosis terhadap kasus infeksi COVID-19.

Swab PCR test bertujuan untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang mengalami infeksi COVID-19. Hasil yang lebih akurat dalam tes ini akan mempermudah dokter dalam menentukan penanganan dan perawatan yang diperlukan oleh pasien.

Meskipun pemeriksaan ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis-jenis pemeriksaan infeksi COVID-19 lainnya, namun pemeriksaan ini adalah pemeriksaan infeksi COVID-19 yang paling akurat hingga saat ini jika dibandingkan dengan pemeriksaan infeksi COVID-19 lainnya.

Informasi Penting

Coronavirus adalah virus yang masuk dalam keluarga virus yang bisa menyebabkan gejala seperti flu, SARS dan MERS pada penderitanya. Terdapat beberapa tanda dan gejala yang ditimbulkan oleh infeksi COVID-19, antara lain :

  • Demam
  • Batuk
  • Kelelahan berlebih
  • Hilang indera pengecap dan penciuman (anosmia)
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat

Swab PCR test adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan virus penyebab infeksi COVID-19 dalam tubuh seseorang. Pemeriksaan dalam tes ini sama dengan pemeriksaan swab test antigen, yaitu dengan menggunakan metode usap (swab) dan mengambil sampel lendir pada saluran napas melalui hidung atau tenggorokan.

Namun analisis sampel yang diambil pada test PCR memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pemeriksaan COVID-19 lainnya. Jika swab test antigen dan rapid tes antibodi membutuhkan waktu analisis sampel yang sangat sebentar, yaitu 30-60 menit, pada swab PCR test memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu 6-24 jam.

Yang Harus Diperhatikan

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan pemeriksaan Swab PCR Test, antara lain adalah dengan memastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat pada saat pemeriksaan dan tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. Protokol kesehatan yang dimaksud, yaitu :

  • Cuci tangan secara berkala dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer berbasis alkohol
  • Menggunakan masker
  • Menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain
  • Menghindari kerumunan
  • Mengurangi mobilitas di luar rumah

Bagaimana Prosedur Dilakukan?

Pengambilan sampel lendir dari saluran napas dapat dilakukan melalui hidung (nasofaring) dan mulut (orofaring). Petugas medis biasanya akan memasukkan alat swab yang mirip dengan bentuk cotton bud ke dalam hidung dan mulut.

  • Prosedur pengambilan sampel melalui nasofaring dilakukan dengan memasukkan dan menyapukan alat swab ke dalam lubang hidung hingga mencapai pangkal hidung selama beberapa detik. Hal ini guna membuat alat swab menyerap cairan atau lendir yang terdapat di area tersebut secara maksimal. 
  • Prosedur pengambilan sampel melalui orofaring akan dilakukan dengan memasukkan dan menyapukan alat swab ke dalam mulut tanpa menyentuh lidah. Alat swab dimasukkan hingga ke belakang tenggorokan selama beberapa detik agar lendir dapat menyerap ke alat swab dan sampel yang didapatkan maksimal.

Setelah selesai, alat swab akan dimasukkan ke dalam tabung khusus dan ditutup agar tidak terkontaminasi. Setelah itu tabung tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan teknik PCR.

Perbedaan Swab Antigen dan PCR

Meski penggunaan sampelnya sama, terdapat perbedaan antara pemeriksaan swab antigen dengan PCR, yaitu :

  • Tingkat akurasi, pemeriksaan swab PCR memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan swab antigen. PCR memiliki tingkat akurasi mencapai 80-90%.
  • Waktu pemeriksaan, swab antigen memerlukan waktu pemeriksaan yang lebih singkat dibandingkan dengan tes PCR, yaitu 30-60 menit saja hingga hasilnya keluar.
  • Biayapemeriksaan, tes PCR memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan swab antigen.

Profil Faskes

Visi Eka Hospital yaitu Menjadi Jaringan Penyedia Layanan Kesehatan Terdepan di Asia Pasifik.

Misi Eka Hospital yaitu :

  • Mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien
  • Menerapkan standar layanan medis yang terbaik
  • Menyediakan layanan kesehatan terpadu
  • Melayani dengan tulus dan sepenuh hati
  • Aktif mempromosikan hidup sehat

Syarat & Ketentuan

  1. Paket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
  2. Voucher berlaku 1 (satu) minggu sejak pembelian, berlaku mulai tanggal 20 Desember 2020
  3. Silahkan melakukan booking terlebih dahulu untuk mendapat slot pemeriksaan di Faskes terkait
  4. Jadwal pendaftaran/booking ke Customer Care SehatQ adalah maksimal di pukul 16:00 WIB untuk H+1, diatas itu maka akan dibantu proses booking di hari lainnya
  5. Jadwal pendaftaran/booking akan disesuaikan dengan ketersediaan kuota di pihak Faskes
  6. Eka Hospital memiliki kuota harian sebanyak 50 pemeriksaan dan dapat berubah sewaktu-waktu
  7. Jika pasien tidak dapat hadir pada tanggal yang telah di daftarkan, silahkan hubungi langsung Faskes terkait
  8. Tunjukkan voucher yang akan ditukarkan dan identitas diri pasien (KTP/SIM/Kartu Keluarga) kepada petugas pendaftaran Faskes terkait pada saat pemeriksaan
  9. Faskes berhak menolak layanan jika pasien tidak dapat menunjukkan voucher dan identitas diri
  10. Harga dapat berubah sewaktu-waktu
  11. Harga sudah termasuk biaya administrasi dan Surat Hasil Pemeriksaan
  12. Tindakan hanya dapat dilakukan kepada Anda yang tidak mengalami demam (suhu 37.5 atau lebih), batuk, sesak napas, dan pernah kontak dengan pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 (jika Anda mengalami gejala tersebut, disarankan langsung merujuk ke Faskes rujukan COVID-19)
  13. SehatQ dan Faskes terkait tidak bertanggung jawab atas penolakan oleh pejabat berwenang terhadap kesalahan informasi/data yang diberikan pasien, dokumen yang tidak lengkap dan kadaluwarsa
  14. Dengan membeli paket pelayanan kesehatan ini, Anda menyetujui bahwa seluruh data kesehatan Anda, termasuk namun tidak terbatas pada hasil dari pelayanan kesehatan yang Anda terima dari fasilitas kesehatan terkait akan diunggah pada akun SehatQ dan dapat diakses oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk membantu program pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan wabah COVID-19
  15. Sehubungan permintaan yang tinggi untuk Tes COVID-19, terutama Rapid Swab Test Antigen, mohon kesediannya untuk menunggu respon dari tim SehatQ yang akan membutuhkan waktu lebih lama dan berpotensi mengalami antrian panjang di lokasi
Nama Promo

Swab PCR Test COVID-19 (Hasil 1 Hari) - Eka Hospital

Rp 2.800.000Hemat 82%

Rp 495.000