SehatQ
SehatQ Profile
Kemenkes - Multivitamin Tablet

Kemenkes - Multivitamin Tablet


Harga Produk
Rp 1

Jumlah Produk
1

Tersedia 1 Penjual

Kemenkes
Rp 100
Kemenkes
Tangerang Selatan11950.94 km
logo-prescription
Obat ResepProduk ini hanya dapat dibeli melalui Chat Dokter berdasarkan gejala Anda.

Deskripsi

Obat ini tidak dapat dibeli, hanya untuk program pemerintah

Multivitamin dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada masa pertumbuhan. Suplemen ini merupakan produk konsumen yang dapat dibeli bebas. Multivitamin mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, zinc, dan vitamin B5 (asam pantotenat).

Multivitamin sangat bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama masa penyembuhan setelah sakit. Contohnya seperti kelompok vitamin B yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Lalu, vitamin C, yang merupakan sumber antioksidan, bermanfaat untuk meningkatkan pertahanan tubuh terhadap radikal bebas yang merupakan penyebab berbagai penyakit serius, seperti kanker.

Indikasi (manfaat)

  • Mengatasi kekurangan vitamin B dan vitamin C setelah sakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Vitamin B1 merupakan vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin ini membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Penyakit beri-beri disebabkan karena penumpukan asam piruvat dalam aliran darah. Hal ini merupakan efek samping karena tubuh tidak dapat mengubah makanan menjadi energi.
    Vitamin B2 adalah vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin ini membantu tubuh memecah karbohidrat, protein, dan lemak untuk menghasilkan energi, dan memungkinkan oksigen digunakan oleh tubuh. Vitamin B3 atau nikotinamida digunakan secara efektif untuk mengobati pellagra, yaitu penyakit akibat rendahnya kadar niasin atau vitamin B3 dalam tubuh.
    Vitamin B5 sendiri penting untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga fungsi metabolisme tubuh, misalnya metabolisme karbohidrat, protein, dan asam lemak. Vitamin ini juga terlibat dalam pembentukan kolesterol, lipid, senyawa kimia yang berfungsi menyampaikan pesan kepada sistem saraf lain (neurotransmiter), hormon steroid, dan hemoglobin.
    Vitamin B6 (piridoksin hidroklorida) berperan dalam metabolisme asam amino, produksi sel darah merah, dan pembentukan neurotransmiter. Peradangan dapat menurunkan kadar vitamin B6 dalam darah, sehingga menambah asupan vitamin B6 dapat memperbaiki defisiensi atau kekurangan tersebut dan mengurangi terjadinya peradangan. Vitamin B12 sangat penting untuk mendukung fungsi neurologis, produksi DNA, dan perkembangan sel darah merah.
    Vitamin C bertindak sebagai senyawa yang diperlukan dalam berbagai aktivitas biologis (kofaktor) dan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel Anda dari efek radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

    Komposisi

    • Vitamin B1
    • Vitamin B2
    • Vitamin B6
    • Vitamin B12
    • Vitamin C
    • Zinc
    • Vitamin B5

    Dosis

    1 kaplet/hari.

    Aturan pakai

    Dikonsumsi sesudah makan.

    Perlu Resep

    Tidak

    Efek Samping

    • Sakit perut.
      Istirahatkan tubuh Anda agar lebih rileks. Makan dan minum secara perlahan dalam porsi lebih sedikit, tetapi lebih sering dapat membantu mengurangi efek samping ini. Anda juga bisa mengompres perut dengan bantalan panas atau botol berisi air panas. Jika sakit perut bertambah parah, segera konsultasikan ke apoteker atau dokter Anda.
    • Diare
      Minumlah sedikit air, tetapi dalam waktu yang sering. Bicaralah dengan apoteker jika Anda memiliki tanda-tanda dehidrasi, seperti buang air kecil lebih jarang dari biasanya, atau urine berwarna gelap dan berbau menyengat. Jangan minum obat lain untuk mengobati diare tanpa berbicara dengan dokter atau apoteker.
    • Muntah.
      Konsumsi banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Kondisi dehidrasi ditandai dengan penurunan frekuensi dan jumlah urine, atau urine berwarna gelap dan berbau menyengat. Hindari konsumsi makanan pedas.
    • Mual.
      Konsumsilah makanan ringan dan hindari makanan berat. Minumlah obat ini setelah makan. Hubungi dokter Anda, jika gejala terus berlangsung lebih dari beberapa hari atau semakin memburuk.
    • Pusing.
      Jika Anda mulai merasa pusing, baringkan tubuh Anda agar tidak pingsan. Duduklah sampai Anda merasa lebih baik. Berhati-hatilah saat mengemudi atau mengoperasikan mesin jika Anda mengalami efek samping ini.
    • Penggunaan vitamin B2 dalam jumlah banyak dapat menyebabkan perubahan warna urine menjadi kuning cerah
    • Biduran (urtikaria).

    Cara Penyimpanan

    Simpan pada suhu dibawah 30° C dan terlindung dari cahaya.

    Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

    Pasien yang memiliki alergi terhadap komponen suplemen ini.

    SehatQ
    Belum Ada UlasanJadilah yang pertama untuk mengulas produk ini.
    Nama Produk

    Kemenkes - Multivitamin Tablet

    Total

    Rp 100