SehatQ
SehatQ Profile
|
|
|
Azithromycin Novell kaplet adalah obat untuk mengatasi infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit

Azithromycin Novell Kaplet 500 mg (1 Strip @ 10 Kaplet)


Harga Produk
Mulai dari
Rp 58.126


Tersedia 3 Penjual

Urutkan
Apotek Fit
Rp 140.980
Apotek FitKota Jakarta Selatan
6.11 km
Apotek Naura
Rp 85.328
Apotek NauraKota Jakarta Timur
12.14 km
Apotek Mulia Farma Denpasar
Rp 60.000
Apotek Mulia Farma DenpasarKota Denpasar
962.45 km
logo-prescription
Obat ResepProduk ini hanya dapat dibeli melalui Chat Dokter berdasarkan gejala Anda.

Deskripsi

Azithromycin Novell kaplet adalah obat untuk mengatasi infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan atas dan bawah, infeksi kulit, dan infeksi saluran kemih.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi hidung dan tenggorokan seperti peradangan dinding sinus (sinusitis), infeksi kulit, infeksi yang ditularkan melalui gigitan kutu (penyakit Lyme), dan beberapa infeksi menular seksual.

Azithromycintermasuk dalam kelompok antibiotik spektrum luas, sehingga mampu mengobati berbagai infeksi yang disebabkan bakteri Gram positif maupun Gram negatif.

Obat ini merupakan obat keras yang harus menggunakan resep dokter.

Beli obat online di Toko SehatQ - Pasti asli!

Nikmati promo GRATIS Ongkir ke seluruh Indonesia. Temukan kode promonya di https://toko.sehatq.com/voucher

Indikasi (manfaat)

Azithromycin digunakan untuk mengobati infeksi:

  • Infeksi kulit dan struktur kulit tanpa komplikasi yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus, Staphylococcus pyogenes, dan Staphylococcus agalactiae
  • Infeksi yang disebabkan karena peradangan pada paru (pneumonia)
  • Infeksi saluran napas atas dan bawah, seperti gejala penyakit peradangan paru yang berkembang semakin memburuk (eksaserbasi akut) dan bronkitis kronis yang disebabkan bakteri H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae
  • Infeksi menular seksual
  • Peradangan pada saluran untuk mengeluarkan urine (uretra) yang disebabkan oleh bakteri, tetapi tidak menyebabkan terjadinya kencing nanah atau gonorrhea (uretritis nongonokokal). Bakteri yang dapat menyebabkan uretritis, di antaranya C. trachomatis atau N. gonorrhoeae
  • Peradangan pada faring (faringitis) yang disebabkan bakteri Streptococcus pyogenes
  • Peradangan pada dinding sinus (sinusitis) yang disebabkan bakteri H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae
  • Peradangan pada daerah serviks (servisitis)
  • Radang amandel (tonsilitis) yang disebabkan bakteri Streptococcus pyogenes

Azithromycin bekerja dengan merusak siklus perpanjangan komponen penyusun dinding sel (rantai peptidil) dengan secara khusus mengikat subunit 50 S atau tempat pembentukan protein. Hal ini dapat menghambat proses penerjemahan atau translasi mRNA tersebut menjadi protein.

Dengan terhambatnya translasi mRNA menjadi protein, maka perkembangbiakan bakteri akan terhambat dan dapat membunuh bakteri tersebut.

Komposisi

Azithromycin Novell kaplet adalah obat untuk mengatasi infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit seperti infeksi saluran pernapasan atas dan bawah, infeksi kulit, dan infeksi saluran kemih. Obat ini merupakan obat keras yang harus menggunakan resep dokter. Azithromycin Novell kaplet mengandung zat aktif azithromycin.

Dosis

  • Infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit dan jaringan lunak: 500 mg/hari selama 3 hari atau 500 mg dalam dosis tunggal pada hari ke-1, lalu dilanjutkan 250 mg/hari pada hari ke-2 hingga ke-5
  • Infeksi genital tanpa komplikasi yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis: 1 g dalam dosis tunggal
  • Gonore tanpa komplikasi: 1 g atau 2 g dalam dosis tunggal, yang dikombinasikan dengan ceftriaxone
  • Sinusitis bakterial akut: 500 mg/hari selama 3 hari
  • Mencegah infeksi Mycobacterium avium complex (MAC): 1,2 g seminggu sekali

Aturan pakai

Dikonsumsi saat perut kosong, yaitu 1 jam sebelum makan dan 2 jam sesudah makan.

Efek Samping

  • Mual
    Hindari makanan yang sulit dicerna. Jangan berbaring setelah makan. Beristirahatlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari kaki Anda. Jika Anda merasa mual saat bangun di pagi hari, makanlah daging tanpa lemak atau keju sebelum tidur. Anda juga bisa menyediakan biskuit di samping tempat tidur dan makanlah sedikit sesaat setelah bangun tidur. Minumlah setidaknya enam gelas air sehari.
  • Muntah
    Minumlah banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Kondisi dehidrasi ditandai dengan penurunan frekuensi dan jumlah urine, serta urine berwarna gelap dan berbau menyengat. Hindari konsumsi makanan pedas.
  • Diare
    Minumlah sedikit air, tetapi dalam waktu yang sering. Bicaralah dengan apoteker jika Anda memiliki tanda-tanda dehidrasi, seperti buang air kecil lebih jarang dari biasanya, atau urine berwarna gelap dan berbau menyengat. Jangan minum obat lain untuk mengobati diare tanpa berbicara dengan dokter atau apoteker.
  • Sakit kepala
    Pastikan untuk istirahat dan minum banyak cairan. Jika efek samping ini terasa mengganggu, mintalah apoteker merekomendasikan obat penghilang rasa sakit. Bicaralah dengan dokter jika sakit kepala berlangsung lebih dari seminggu atau bertambah parah.
  • Pusing atau lelah
    Jika Anda merasa pusing ketika berdiri, cobalah untuk bangun dengan sangat lambat atau tetaplah duduk hingga merasa kondisi Anda jauh lebih baik. Jika merasa mulai pusing, berbaringlah agar tidak pingsan, lalu duduk hingga merasa lebih baik. Jangan mengemudikan kendaraan atau menjalankan mesin ketika merasa pusing. Hindari mengonsumsi alkohol karena dapat memperburuk keadaan.
  • Kehilangan nafsu makan
    Makanlah ketika merasa lapar dalam porsi kecil dan lebih sering dari biasanya. Konsumsi makanan ringan bergizi dengan kandungan tinggi kalori dan protein, seperti buah kering dan kacang-kacangan.
  • Gangguan pengecapan rasa
    Jika Anda mengalami gangguan pada indra perasa, segera hubungi dokter

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu di bawah 30°C.

Perhatian Khusus

  • Pasien penderita kanker darah atau kelenjar getah bening yang menjalani transplantasi sel induk hematopoietik
  • Pasien yang memiliki reaksi alergi, seperti pembengkakan karena alergi (angioedema) dan reaksi alergi berat (anafilaksis). Hentikan penggunaan bila terjadi hal tersebut
  • Pasien penderita gangguan elektrolit, terutama pasien yang memiliki kadar kalium rendah dalam darah (hipokalemia) dan kadar magnesium rendah dalam darah (hipomagnesia)
  • Pasien penderita gangguan irama jantung (aritmia)
  • Pasien penderita gangguan fungsi jantung berat
  • Pasien asia lanjut atau memiliki kondisi lemah
  • Pasien penderita kelemahan otot (myasthenia gravis)
  • Pasien penderita gangguan ginjal berat dan penyakit hati
  • Wanita hamil dan ibu menyusui
  • Pasien dengan denyut jantung lebih lambat dari biasanya (bradikardia)

Kontraindikasi (jangan dikonsumsi pada kondisi)

  • Pasien yang menggunakan obat golongan turunan ergot yang menyebabkan ergotisme, yaitu keracunan ergot yang merupakan sejenis parasit yang biasanya tumbuh pada bulir padi dan gandum
  • Pasien yang menderita alergi terhadap antibiotik golongan makrolida, seperti azithromycin, erythromycin, dan clarithromycin
  • Pasien yang memiliki riwayat gangguan fungsi hati yang disebabkan penggunaan antibiotik

Nomor Izin Edar

GKL1433531609A1
Ulasan Pembeli

Produk Terkait

FAQ

Azithromycin digunakan untuk mengobati infeksi:Infeksi kulit dan struktur kulit tanpa komplikasi yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus, Staphylococcus pyogenes, dan Staphylococcus agalactiaeInfeksi yang disebabkan karena peradangan pada paru (pneumonia)Infeksi saluran napas atas dan bawah, seperti gejala penyakit peradangan paru yang berkembang semakin memburuk (eksaserbasi akut) dan bronkitis kronis yang disebabkan bakteri H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniaeInfeksi menular seksualPeradangan pada saluran untuk mengeluarkan urine (uretra) yang disebabkan oleh bakteri, tetapi tidak menyebabkan terjadinya kencing nanah atau gonorrhea (uretritis nongonokokal). Bakteri yang dapat menyebabkan uretritis, di antaranya C. trachomatis atau N. gonorrhoeaePeradangan pada faring (faringitis) yang disebabkan bakteri Streptococcus pyogenesPeradangan pada dinding sinus (sinusitis) yang disebabkan bakteri H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniaePeradangan pada daerah serviks (servisitis)Radang amandel (tonsilitis) yang disebabkan bakteri Streptococcus pyogenesAzithromycin bekerja dengan merusak siklus perpanjangan komponen penyusun dinding sel (rantai peptidil) dengan secara khusus mengikat subunit 50 S atau tempat pembentukan protein. Hal ini dapat menghambat proses penerjemahan atau translasi mRNA tersebut menjadi protein.Dengan terhambatnya translasi mRNA menjadi protein, maka perkembangbiakan bakteri akan terhambat dan dapat membunuh bakteri tersebut.

Infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit dan jaringan lunak: 500 mg/hari selama 3 hari atau 500 mg dalam dosis tunggal pada hari ke-1, lalu dilanjutkan 250 mg/hari pada hari ke-2 hingga ke-5Infeksi genital tanpa komplikasi yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis: 1 g dalam dosis tunggalGonore tanpa komplikasi: 1 g atau 2 g dalam dosis tunggal, yang dikombinasikan dengan ceftriaxoneSinusitis bakterial akut: 500 mg/hari selama 3 hariMencegah infeksi Mycobacterium avium complex (MAC): 1,2 g seminggu sekali

Dikonsumsi saat perut kosong, yaitu 1 jam sebelum makan dan 2 jam sesudah makan.

MualHindari makanan yang sulit dicerna. Jangan berbaring setelah makan. Beristirahatlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari kaki Anda. Jika Anda merasa mual saat bangun di pagi hari, makanlah daging tanpa lemak atau keju sebelum tidur. Anda juga bisa menyediakan biskuit di samping tempat tidur dan makanlah sedikit sesaat setelah bangun tidur. Minumlah setidaknya enam gelas air sehari.MuntahMinumlah banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Kondisi dehidrasi ditandai dengan penurunan frekuensi dan jumlah urine, serta urine berwarna gelap dan berbau menyengat. Hindari konsumsi makanan pedas.DiareMinumlah sedikit air, tetapi dalam waktu yang sering. Bicaralah dengan apoteker jika Anda memiliki tanda-tanda dehidrasi, seperti buang air kecil lebih jarang dari biasanya, atau urine berwarna gelap dan berbau menyengat. Jangan minum obat lain untuk mengobati diare tanpa berbicara dengan dokter atau apoteker.Sakit kepalaPastikan untuk istirahat dan minum banyak cairan. Jika efek samping ini terasa mengganggu, mintalah apoteker merekomendasikan obat penghilang rasa sakit. Bicaralah dengan dokter jika sakit kepala berlangsung lebih dari seminggu atau bertambah parah.Pusing atau lelahJika Anda merasa pusing ketika berdiri, cobalah untuk bangun dengan sangat lambat atau tetaplah duduk hingga merasa kondisi Anda jauh lebih baik. Jika merasa mulai pusing, berbaringlah agar tidak pingsan, lalu duduk hingga merasa lebih baik. Jangan mengemudikan kendaraan atau menjalankan mesin ketika merasa pusing. Hindari mengonsumsi alkohol karena dapat memperburuk keadaan.Kehilangan nafsu makanMakanlah ketika merasa lapar dalam porsi kecil dan lebih sering dari biasanya. Konsumsi makanan ringan bergizi dengan kandungan tinggi kalori dan protein, seperti buah kering dan kacang-kacangan.Gangguan pengecapan rasaJika Anda mengalami gangguan pada indra perasa, segera hubungi dokter

Nama Produk

Azithromycin Novell Kaplet 500 mg (1 Strip @ 10 Kaplet)

Total

Rp 140.980